WELCOME TO MY BLOG. THIS BLOG CONTAINING NEWS, SCIENCE, AND THE OTHER. ENJOY THE READING !!

Kamis, 26 April 2012

Sekolah Dengan Papan Tulis Layar Sentuh

Di Amerika Serikat, papan tulis sekolah diganti biar lebih interaktif. Berukuran besar, sensitif terhadap sentuhan (seperti layar komputer) yang biasa kita kenal dengan touch screen, yang memungkinkan siswa mengerjakan soal, menjelajahi web dan mengedit video hanya dengan menggunakan jari-jari mereka.



Siswa dapat menggunakan papan tulis touch screen untuk mendemonstrasikan pemecahan untuk soal-soal matematika. Mereka menggambar di papan dengan ujung jari mereka dan menjelaskan kepada kelas mengapa mereka menjawab begitu .
“Ini benar-benar memotivasi mereka,” kata Eliza Bang sang guru. “Sebagai pendukung atau fasilitas untuk mendorong kerja kelompok, itu sudah biasa.” 



Guru dapat menampilkan slide-show atau bahkan video. Sekarang bahkan bisa membuka halaman web untuk mendapatkan informasi yang berguna hanya dalam hitungan detik.

Papan tulis interaktif yang dilengkapi layar sentuh ini dapat ditemukan di lebih dari 150.000 ruang kelas di US, dan seiring tumbuhnya teknologi secara internasional, papan tulis ini akan hadir di 75 negara





Cara Kerja Papan Tulis Sentuh

Papan tulis interaktif bekerja layaknya PC/laptop. Papan tulis akan dihubungkan ke suatu layar/LCD yang lebih besar (proyektor). Cara mengoperasikan dengan alat yang dikenal sebagai pena tanpa tinta. Pena tanpa tinta sebagai mouse (dalam laptop) dan LCD pada papan tulis interaktif sebagai layar monitor. Pena tanpa tinta sebagai alat tulis di sini memiliki dua fungsi. Pertama, pena diprogram dapat menampilkan warna yang berbeda (layaknya pena biasa), antara lain biru, hitam, merah, dan hijau. Kedua, pena juga berfungsi sebagai penghapus. Ketika telah tersambung dengan komputer dan proyektor, papan tulis ini dapat langsung bekerja.

Papan Tulis Interaktif, merupakan sebuah papan tulis besar yang menggunakan teknologi sentuh untuk mendeteksi input pengguna (misalnya interaksi bergulir) yang setara dengan perangkat input PC biasa, seperti mouse atau keyboard. Sebuah proyektor digunakan untuk menampilkan video output komputer ke papan tulis, yang kemudian bertindak sebagai layar sentuh besar. Papan tulis interaktif biasanya telah disediakan pula alat-alat tulis digital yang menggunakan pena tanpa tinta atau pena digital, menggantikan alat tulis papan tulis tradisional, spidol. Pena tanpa tinta ini bekerja dengan menggunakan digitizer aktif yang mengontrol PC/laptop guna masukan informasi untuk kemampuan menulis seperti menggambar atau tulisan tangan.

Ada juga tombol yang meluncurkan popup keyboard dan mouse kanan menu klik untuk lebih banyak pilihan input. Papan tulis interaktif biasanya dipasang di dinding atau lantai berdiri dan digunakan agar dapat difungsikan oleh seseorang.



Fitur Fitur Tersedia


1. Perangkat lunak yang memiliki kemampuan perekaman selama proses presentasi berlangsung. Perekaman yang dilakukan antara lain suara pelaku presentasi (presenter), juga materi-materi presentasi, baik yang sudah ada, atau yang telah mengalami proses pengeditan.

2. Kemampuan melakukan Konferensi Presentasi

3. Teknologi zoom interaktif

4. Karena teknologi tinggi yang terdapat di dalamnya, ia mampu mengubah tulisan tangan menjadi tulisan teks pada layar komputer (LCD). Ketika ingin mengubah, mengedit presentasi, data, dll, dapat dilakukan langsung pada layar LCD papan tulis interaktif, tanpa harus menggunakan PC/laptop.

5. Selain menjadi teks, papan tulis juga dapat mengubah tulisan tangan ke bentuk gambar. Misalnya, berupa tanda tangan. Bisa langsung pada layar LCD papan tulis interaktif tanpa harus mencetak terlebih dahulu dokumen presentasi tersebut.

6. Teknologi Sistem Pemotongan. Sistem ini mampu memotong suatu tulisan yang ada dalam layar LCD papan tulis interaktif.

7.Teknologi Digital Lihat-Sentuh. Teknologi ini dikenal dengan nama touchscreen. Papan tulis interaktif menggunakan teknologi ini dimana pengguna dapat menyentuh muka (layar) papan tulis untuk mengontrol segala aplikasi yang ada pada komputer atau menulis di layar tersebut. Kamera digital (dalam layar papan tulis interaktif) dan perangkat lunak di dalamnya dapat mendeteksi setiap sentuhan jari atau pena tanpa tinta yang digunakan dan ia akan diubah secara otomatis menjadi layaknya mouse di komputer.



Picture :






























Mari kita tunggu kehadirannya di Indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...